Alexander Fleming Penemu Penicillin

 Alexander Fleming Penemu Penicillin

     Alexander Fleming, penemu penicillin, lahir tahun 1881 di Lochfield, Skotlandia. Setamat dari sekolah kedokteran Rumah Sakit St. Mary di London, Fleming menceburkan diri dalam bidang penyelidikan di situ dia menemukan sesuatu yang diebutnya lysozyme. Lysozyme diproduksi oleh tubuh manusia, terdiri dari komponen baik lendir maupun titik cairan air mata yang tidak mengandung bahaya bagi sel tubuh manusia. Komponen itu akan melumpuhkan kuman tertentu, tetapi sayangnya tidak efektif pada kuman khusus yang berbahaya bagi manusia. Penemuan itu, betapapun menariknya, tidaklah punya makna yang besar.

     Baru tahun 1928 Fleming berhasil menemukan sesuatu yang berarti. Laboratoriumnya membiakkan bakteri “Staphyloccus”. Dibiarkan terbuka begitu saja di udara menjadi kotor serta busuk. Fleming menemukan dalam pembiakan sekitar pembusukan itu, bakteri menjadi cair. Dengan cepat dia menyimpulkan busukan itu menghasilkan sesuatu substansi yang beracun terhadap bakteri “Staphylococcus”. Segera dia mampu menunjukan bahwa substansi serupa berada pada tumbuhan berbagai jenis bakteri yang berbahaya. Substansi itu yang diberi nama penicilin sesudah kejadian pembusukan (Penicillium Notatum) bukanlah merupakan cairan baik bagi manusia maupun binatang.

     Fleming memukakan bahwa penicilin punya arti penting buat pengobatan. Namun, dia sendiri tak mampu mengembangkan teknik untuk memurnikan penicilin, dan lebih dari sepuluh tahun lamanya obat yang penting itu tetap tinggal terlantar.

     Akhirnya di ujung tahun 1930-an, dua penyelidik bidang kedokteran Inggris, Howard Walter  Florey dan Ernst Boris Chain menemukan cara untuk memurnikan penicilin.

     Alexander Fleming meninggal akibat  serangan jantung tanggal 11 Maret 1955 dalam usia 73 tahun. Jenazahnya dimakamkan di Katedral St Paul, London.

0 Response to "Alexander Fleming Penemu Penicillin"

Post a Comment