Auguste Comte

Monday, February 25, 20130 komentar

 Auguste Comte

     Auguste Comte lahir di Montpellier, sebuah kota kecil di bagian barat daya dari negara Prancis. Auguste Comte merupakan bapak sosiologi yang pertama-tama memberi nama pada ilmu tersebut (yaitu dari kata socius dan logos). Walaupun dia tidak menguraikan secara rinci masalah-masalah apa yang menjadi objek sosiologis terdiri dari dua bagian pokok, yaitu sosial stastistics dan social dynamics.

     Konsepsi tersebut merupakan pembagian dari isi sosiologi yang sifatnya pokok sekali. Sebagai sosial statistics, sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari hubungan timbal-balik antara lembaga-lembaga kemasyarakatan. Sedangkan social dynamics menoropong bagaimana lembaga-lembaga tersebut berkembang dan mengalami perkembangan sepanjang masa.

     Menurut Comte, masyarakat harus diteliti atas dasar fakta-fakta objektif dan dia juga menekankan pentingnya penelitian-penelitian perbandingan antara berbagai masyarakat yang berlainan. Hasil karya Comte yang terutama adalah :

     The Scientific Laborsnecessary for The Reorganization of Society (1882), The Positive Philosophy (6 jilid 1830-1840, Subjective Synthesis (1820-1903)


Share this article :

 
Member Of Komunitas Blogger Wajo
Copyright © 2013. The Divider - All Rights Reserved