Joseph Alois Schumpeter

Joseph Alois Schumpeter 

     Joseph Alois Schumpeter lahir tanggal 8 Februari 1883 di Triesch, Moravia dan meninggal 8 Januari 1950 di Taconic, Conn, Us. Ia merupakan ekonom Moravia-As dan sosiolog. Dididik di Austria, ia mengajar di beberapa universitas Eropa sebelum bergabung dengan fakultas Universitas Harvard (1932 - 50). Dia menjadi terkenal karena teorinya tentang perkembangan kapitalis dan siklus bisnis.

     Pada tahun 1911 menjadi guru besar di bidang ekonomi di Universitas Graz. Dia adalah menteri keuangan pada tahun 1919. Dengan bangkitnya Hitler, Schumpeter meninggalkan Eropa dan University of Bonn, di mana ia adalah seorang profesor dari 1925 hingga 1932, dan berimigrasi ke Amerika Serikat. Pada tahun yang sama ia meneripa posisi tetap di Harvard, di mana ia tetap hingga pensiun pada tahun 1949. Schumpeter adalah presiden American Economic Association pada tahun 1948.

     Schumpeter dengan pandangan yang berlaku bahwa persaingan sempurna adalah cara untuk memaksimalkan kesejahteraan ekonomi. Dalam persaingan sempurna seluruh perusahaan dalam suatu industri memproduksi barang yang sama, menjualnya dengan harga yang sama, dan memilki akses kepada teknologi yang sama. Schumpeter melihat kompetisi semacam ini relatif tidak penting. Dia menulis: “Apa penting adalah kompetisi dari komoditas baru, teknologi baru, sumber pasokan baru, dan jenis baru organisasi. Pemogokan tidak pada margin keuntungan dan outpt dari perusahaan yang telah ada tetapi di yayasan mereka dan hidup mereka.

0 Response to "Joseph Alois Schumpeter"

Post a Comment