Gesang Martohartono "Maestro Keroncong Indonesia"

Gesang Martohartono "Maestro Keroncong Indonesia"

     Gesang atau lengkapnya Gesang Martohartono (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Oktober 1917 - meninggal di Surakarta, Jawa Tengah, 20 Mei 2010 pada umur 92 tahun) adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia. Dikenal sebagai "Maestro Keroncong Indonesia", ia terkenal lewat lagu Bengawan Solo ciptaanya, yang terkenal di Asia, terutama di Indonesia dan Jepang. Lagu 'Bengawan Solo' ciptannya telah diterjemahkan kedalam, setidaknya, 13 bahasa (termasuk bahasa Inggris,bahasa Tionghoa, dan bahasa Jepang).

     Gesang pada awalnya bukanlah pencipta lagu. Dulu, ia hanya seorang penyanyi lagu-lagu keroncong untuk acara dan pesta kecil-kecilan di kota Solo.
     Sebagai bentuk penghargaan atas jasanya terhadap perkembangan musik keroncong, pada tahun 1983 Jepang mendirikan Taman Gesang di dekat Bengawan Solo. Pengelolaan taman ini didanai oleh Dana Gesang, sebuah lembaga yang didirkan untuk Gesang di Jepang.

     Lagu - lagu ciptaan Gesang selain Bengawan Solo diantaranya yaitu Jembatan Merqah, Pamitan (versi bahasa Indonesia dipopulerkan oleh alm. Broery Pesolima), Caping Gunung, Luntur, Seto Ohashi, Borobudur.

0 Response to "Gesang Martohartono "Maestro Keroncong Indonesia""

Post a Comment