Danau Tempe dengan Beragam Satwa, Rumah Terapung, dan Eceng Gondok.

Blogger Wajo Explore Budaya - Komunitas Blogger Wajo mengadakan event yang bertajuk untuk memperdalam tentang kab.Wajo dengan cara mengunjungi tempat-tempat yang memiliki hubungan dengan budaya Wajo dan mengangkat kembali ke dunia IT untuk memperkenalkan tempat tersebut terhadap netizen. Lokasi pertama yang kami kunjungi yaitu Danau Tempe dan kegiatan ini berjudul “Blogger Wajo Explore Danau Tempe”.

danau tempedanau tempe
(Perjalanan Ke Danau Tempe)

Danau Tempe adalah salah satu icon dari Kab.Wajo yang terletak di sebelah barat kota Sengkang yang berjarak sekitar 7 km dan Danau Tempe juga sering di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancang negara karena keindahan panorama alamnya serta keunikan dari Danau Tempe. Kali ini kami berangkat sekitar pukul 14.30 dengan jumlah 9 orang dengan menggunakan perahu motor yang dapat menampung 6 orang. Di perjalanan kami merasakan percikan-percikan air dan melihat pemandangan yang indah. Danau tempe memang kaya alam dan memiliki panorama alam yang tenang dan kelihatan lebih hidup ditambah dengan beragam satwa seperti burung-burung yang berbagai jenis seperti burung bangau yang berdiri di atas 1 batang bambu dan burung elang atau burung belibis yang mengincar ikan-ikan air tawar yang muncul di atas permukaan air.

Beperjalanan menggunakan perahu motor di siang hari memang panas karena trik matahari, tetapi keindahan Danau Tempe terus terlihat, dulunya tumbuh-tumbuhan yang saya hanya bisa lihat di media massa tapi kali ini saya bisa melihat secara langsung dan sayapun dapat memegangnya yaitu bunga teratai yang tersusun dengan rapih bagaikan rumah kompleks di atas danau tempe. Bukan hal luar biasa jika Danau Tempe termasuk dari tempat terindah di Asia karena Danau Tempe juga tempat wisata yang indah di Kab.Wajo dan termasuk juga 10 danau terbesar di Indonesia, karena danau tempe memang memiliki pemandangan yang indah dan juga memiliki luas sekitar 13.000 hektare.

danau tempedanau tempe
(Bunga Teratai yang teratur dengan rapi & Nelayan yang sedang beraktivitas)

Di Danau Tempe ini kami melihat beberapa nelayan yang menggantungkan hidupnya di danau ini, karena danau Tempe terkenal dengan berbagai jenis ikan dan jumlah ikan tawar yang banyak dimilikinya. Di tengah perjalanan kami beristirahat di rumah terapung salah satu rumah yang dimiliki oleh nelayan yang bertempat tinggal di Danau Tempe. Rumah terapung adalah tempat tinggal dari sebagian nelayan yang menggantungkan hidupnya di Danau Tempe,yang terbuat dari beberapa bambu sebagai dinding, seng sebagai atap, dan papan sebagai lantai dari rumah terapung. Rumah terapung ini juga akan menambah keunikan di Danau Tempe. Rumah Terapung di Danau Tempe ini juga tidak kalah dengan rumah yang berada di daratan, begitu pula masyarakat yang berada di kampung rumah terapung yang beraktifitas layaknya masyarakat yang ada di daratan. Katanya rumah terapung di Danau Tempe dulu mencapai ratusan, tapi sekarang saya hanya dapat melihat puluhan rumah terapung, saya kurang tahu faktor berkurangnya rumah terapung di Danau Tempeku ini. Tapi syukurlah karena pemerintah juga ikut melestarikan rumah terapung dengan cara membuat rumah terapung yang berada di pinggir Danau Tempe.

danau tempedanau tempe
(Rumah Terapung Nelayan di Danau Tempe)

Setelah merasakan nikmatnya beristirahat di rumah terapung , kamipun berangkat untuk kembali menuliskan semua tentang Danau Tempe. Tapi sayang rumah terapung, berbagai jenis satwa, dan beberapa jenis ikan yang telah menambah keindahan Danau Tempe, sekarang keindahan Danau Tempepun telah tertutupi oleh eceng gondok sekitar 75% dari luas Danau Tempe. Namun demikian masyarakat juga ikut membantu agar eceng gondok tidak dapat naik ke daratan pada saat banjir dengan cara membangun tiang penahan eceng gondok. Di perjalanan kembali pulang, timbul beberapa pertanyaan, yaitu “Dari mana eceng gondok itu?”, “Bagaimanakah cara mengembalikan sebagian keindahan Danau Tempe yang telah tertutupi oleh eceng gondok?”. Saya hanya dapat bertanya dan tidak tahu harus melakukan apa untuk mengembalikan keindahan Danau Tempe yang telah tertutupi itu. Eceng gondok ini juga membuat volume air dari Danau Tempe terus berkurang, kami juga sempat merasakan hal buruk yang dilakukan oleh eceng gondok tersebut pada waktu ingin kembali, yang dimana eceng gondok ini telah membuat nelayan yang mengantar kami tidak tahu arah untuk kembali karena di sekeliling kami hanyalah eceng gondok yang menutupi jalan untuk kembali. Tapi untunglah nelayan yang mengantar kami dapat mengatasi masalah tersebut dan dapat mengantar kami dengan selamat.

danau tempedanau tempe
(Eceng Gondok yang merusak keindahan Danau Tempe & Tiang Penahan Eceng Gondok)

Tulisan saya ini menjelaskan tentang keindahan dari Danau Tempe dan di tulisan ini saya perihatin dengan sebagian keindahan Danau Tempe yang telah tertutupi dengan eceng gondok. “Apakah beberapa tahun kedepan keindahan Danau Tempe akan menjadi keindahan Danau Eceng Gondok?” Atau “Danau yang dulunya biru akan menjadi hijau yang di karenakan eceng gondok akan menutupi seluruh Danau Tempe?” ataupun "Volume air danau tempe akan habis dibeberapa tahun kedepan?". Semoga dengan adanya artikel ini Danau Tempe bisa di lestarikan oleh pemerintah daerah ataupun masyarakat agar keindahaannya dapat dinikmati oleh turis lokal ataupun mancang negara.

danau tempedanau tempe
(Saat meninggalkan Rumah Terapung & Pemandangan saat kembali ke Sengkang)

Beberapa Foto Kenangan Dari KBW Saat Berada di Danau Tempe

danau tempedanau tempe
danau tempedanau tempe


29 Responses to "Danau Tempe dengan Beragam Satwa, Rumah Terapung, dan Eceng Gondok."

  1. mantap gan, terus explore wajo !!

    ReplyDelete
  2. wah baru denger ada danau tempe sukseslah buat blogger wajo

    ReplyDelete
  3. wah wah,... apik logh gambar gambar'e...

    ReplyDelete
  4. nice article :)
    tpi sebetulnya eceng gondok tdk menutupi ataupun merusak keindahan dari danau tempe, krna mmang pertumbuhan dari eceng gondok yg terlalu cepat sehingga hanya dlam beberapa bulan sdah dapat menutupi lebih dari 50% permukaan danau. tpi mungkin lebih kepada masyarakat skitar, serta pemerintahnya yg belum mengetahui bagaimana cara untuk mengolah tumbuhan trsebut, sehingga tdk terlihat sperti tumbuhan pengganggu maupun tumbuhan perusak yg dapat membuat danau tempe perlahan menjadi dangkal

    ReplyDelete
  5. wah keren. aku juga pernah ke sana bareng anak Makassar Backpakers, sangat unik. salut sama warga yang tinggal di tengah danau.... :)

    ReplyDelete
  6. infonya keren dan sangat menarik sob. kunjungi balik ke blog saya www.ankurniawan.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Wah Informasi yang menarik.. kunjungi balik ya.. http://potretmagetan.blogspot.com/ .. Terima Kasih

    ReplyDelete
  8. Maju terus untuk mengenalkan wisata indonesia.

    ReplyDelete
  9. jadi kangen mau ke danau tempe lagi :)

    ReplyDelete
  10. Danau tempe, i'm coming!!!!! :D :D :D

    kunjugi balik, http://rizkyarlin.blogspot.com/

    ReplyDelete