Keanekaragaman Gen

     Gen adalah materi hereditas di dalam kromosom yang mengendalikan sifat makhluk hidup. Gen terdapat di setiap inti sel makhluk hidup. Gen pada makhluk hidup memiliki perangkat dasar yang sama, tetapi memiliki susunan yang berbeda. Hal ini menyebabkan setiap makhluk hidup memiliki fenotipe maupun genotipe yang berbeda.

     Sifat fenotipe makhluk hidup merupakan sifat hasil ekspresi  gen yang terlihat. Misalnya, pada tumbuhan warna daun hijau tua, bentuk daun lebar, jenis batang melebar. Adapun sifat genotipe adalah tipe susunan gen yang dimiliki makhluk hidup tersebut. Contohnya, dua orang wanita yang memiliki rambut hitam keriting. Meskipun keduanya memiliki rambut hitam keriting, namun genotipenya mungkin saja berbeda.

     Contohnyanya aneka ragam ikan koi, bahwa ikan koi memiliki keanekaragaman tingkat gen yang terlihat dari adanya perbedaan corak yang terdapat pada tubuh ikan koi. Meskipun sama-sama dalam satu spesies ikan koi, tapi ikan koi tersebut memiliki perbedaan corak yang disebabkan oleh perbedaan gen. Hal inilah yang mengakibatkan keanekaragaman.

0 Response to "Keanekaragaman Gen"

Post a Comment