Nama dan Tugas Malaikat

Thursday, May 9, 20130 komentar

Jumlah para malaikat tidak terhingga banyaknya dan hanya Allah yang mengetahuinya, firman Allah swt. Malaikat sebagai makhluk gaib utusan Allah swt. jumlahnya banyak sekali. Hanya saja yang kita ketahui melalui Alquran maupun hadis ada sepuluh nama malaikat beserta tugas-tugasnya.
Nama dan tugas-tugas sepuluh malaikat tersebut sebagai berikut:

  1. Malaikat Jibril : Bertugas menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul Allah swt.. Dialah yang mengantarkan dan mengawal serta juru bicara Nabi Muhammad saw. pada waktu beliau melakukan Isra' Mi'raj.
  2. Malaikat Mikail : Bertugas membagi dan mengatur rezeki dari Allah swt. kepada semua makhluk hidup, selain itu malaikat mikail juga bertugas untuk menurunkan hujan.
  3. Malaikat Israfil : Bertugas meniup sangkakala yang merupakan pertanda datangnya hari kiamat.
  4. Malaikat Izrail : Bertugas mencabut nyawa dan ruh setiap manusia dan makhluk lain di saat ajal datang. Malaikat izrail disebut juga dengan Malaikat Maut.
  5. Malaikat Raqib : Bertugas sebagai pencatat amal kebaikan (amal saleh) setiap manusia sejak balig sampai datangnya maut.
  6. Malaikat Atid : Bertugas sebagai pencatat amal kejahatan (amal buruk) setiap manusia, sejak balig sampai datangnya maut.
  7. Malaikat Munkar : Berugas sebagai penanya setiap manusia di alam kubur, yakni pada saat manusia dikuburkan.
  8. Malaikat Nakir : Bertugas sebagai penanya setiap manusia di alam kubur. Tugasnya bersamaan dengan Malaikat Munkar
  9. Malaikat Ridwan : Bertugas sebagai penjaga dan pengawal surga, dia sangat ramah, sopan, dan baik.


Share this article :

 
Member Of Komunitas Blogger Wajo
Copyright © 2013. The Divider - All Rights Reserved