SEO adalah segalanya?

SEO adalah segalanya dalam blog? - SEO adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimization atau biasa diketahui secara umum yaitu cara agar search engine selalu mengindex blog kita di internet agar setiap pencarian dengan keyword tertentu melalui search engine akan menampilkan blog kita di page/halaman pertama. Bahkan ada yang mengatakan bahwa SEO dapat membawa blog kita  keberhasilan atau membangkitkan sebuah blog. Mungkin ada sebuah alasan yang masuk akal untuk memperjelas kalimat tadi. Misalnya kita tidak akan bisa mendapatkan traffic yang tinggi apabila blog kita tidak dapat ditemukan oleh pengunjung menggunakan search engine. Karena jika blog kita dapat ditemukan oleh pengunjung menggunakan search engine terkenal semacam Google, Yahoo dan MSN dan menempati halaman pertama itu akan menambah/meningkatkan sebuah traffic/pengunjung blog. Karena tanpa pengunjung artikel/postingan kita sia-sia karena tidak ada yang membacanya dan Anda juga bisa membayangkan apabila tulisan kita dibaca oleh orang banyak dan itu memiliki kesan tersendiri bagi Anda bukan?

Content adalah suatu hal penting yang ada dalam blog karena tanpa adanya content blog kita akan terasa kosong. Mungkin dengan penjelasan sebelumnya Anda sudah tahu hubungan antara content dengan SEO?. Bagaimana cara membuat content/postingan yang SEO? Banyak cara untuk membuat postingan yang SEO, saya akan memberikan beberapa cara saja yaitu isi sebuah postingan baiknya melebihi 500 kata (word) dan di dalam postingan mengandung beberapa KEYWORD agar postingan kita dapat ditemukan di search engine dengan KEYWORD yang ada di dalam postingan. Mungkin di paragraf ini anda sudah paham hubungan antara content dan keyword dengan SEO.

Ternyata SEO ada 2 jenis yaitu SEO ONPAGE dan OFFPAGE. SEO ONPAGE ini biasanya terletak di bagian blog, seperti template yang berada ada dibagian blog. Nah, template adalah hal yang paling sering digunakan untuk menSEOkan blog dengan cara menggunakan template SEO friendly dan salah satu contoh template yang SEO friendly adalah Template Thesis SEO. Template ini tentunya memiliki bagian-bagian tertentu yang berada didalamnya sehingga membuat Template ini SEO dan salah satu bagiannya yang penting yaitu susunan H1, H2, H3, H4, H5, dan H6 yang tersusun dengan benar dan biasa diatur dalam pengeditan HTML sebuah blog. Sedangkan SEO OFFPAGE adalah cara untuk meningkatkan SEO blog kita tanpa mengatur-atur atau mengubah bagian dari dalam blog tapi melainkan kita bermain di luar dari blog kita, seperti kita mencari backlink dari blog lain dengan cara memberikan komentar di blog lain dengan berisi LINK HIDUP yang akan mengalihkan ke blog kita dan bersifat DOFOLLOW (jangan terlalu berlebihan mencari baclink karena dapat berakibat fatal dan akan membuat SEO blog Anda menurun) dan disini juga membuktikan bahwa LINK dan HTML juga berhubungan dengan SEO.

Mungkin pernah timbul pertanyaan seperti berikut "Apakah kita bisa mendapatkan penghasilan dengan blog SEO?" dan jawaban saya adalah "kenapa tidak?". Berikut beberapa tips dari saya cara mendapatkan penghasilan blog SEO.
1. Seringlah ikuti lomba SEO, lomba yang dimana memiliki peraturan yaitu "Membuat sebuah postingan dan menempati urutan yang tertinggi dan dialah yang akan memenangkan lomba tersebut" dan secara tidak langsung kita juga akan melihat seberapa SEO blog Anda dengan blog lain.
2. Jika Anda memiliki sebuah iklan di blog Anda dan bersifat PPC/CPC (Cost Per Click) tentunya tidak ada yang mengklik iklan Anda apa bila blog Anda tidak memiliki pengunjung sehingga Anda akan memerulukan strategi yang kuat untuk meningkatkan traffic. Nah, disinilah peran SEO untuk meningkatkan traffic blog Anda sehingga blog Anda dipenuhi pengunjung dan tentunya sudah lumayan banyak yang akan mengklik iklan Anda. Tips tambahan dari saya yaitu tempatkanlah iklan Anda di tempat yang strategis yang menurut Anda tempat itu akan menghasilkan jumlah klik yang tinggi.
Jika Anda menggunakan tips di atas, secara tidak langsung Anda telah merasakan manfaat sebuah blog yang SEO.

Mungkin setelah membaca postingan ini Anda mungkin tahu apakah benar SEO adalah segalanya? Dan jawabannya tergantung diri Anda. Mohon maaf jika ada salah kata atau kalimat di dalam postingan yang membuat Anda kurang paham. Postingan ini saya tulis sesuai menurut saya dan mungkin saja orang lain berbeda pendapat dengan postingan diatas dan postingan ini juga membutuhkan kritikan atau sebuah saran agar dapan mencapai sebuah kesempurnaan.

3 Responses to "SEO adalah segalanya?"