Cara Mengetahui Urutan Postingan di Search Engine

Banyak target dan alasan blogger menulis atau membuat postingan, beberapa tujuannya yaitu menulis untuk diri sendiri, menulis untuk orang lain, dan juga menulis untuk search engine. Menulis untuk search engine? Ya menulis untuk search engine juga adalah salah satu alasan blogger untuk membuat suatu postingan. Maksudnya adalah menulis agar postingannya berada di posisi teratas pada saat netter memasukkan keyword tertentu di SE (Search Engine). Nah timbullah pertanyaan "Bagaimana cara mengetahui urutan postingan di search engine?". Ok di postingan ini saya akan menjawab pertanyaan tersebut dengan kemampuan saya. Cara yang saya berikan ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk blogger yang sudah biasa dengan webmaster, tapi tak apalah saya berbagi lagi di blog ini. Di trik ini saya menggunakan webmaster.

1. Pertama yang harus dilakukan adalah mebuka link berikut https://www.google.com/webmasters/
2. Klik "Masukalah ke layanan Alat Webmaster" yang ada di link yang Anda sudah klik tadi.
3. Carilah url blog Anda dan klik (Jika Anda tidak mendapatkan link url blog Anda, saya usulkan agar klik "Tambahkan Situs" yang berada pada bagian sudut kanan atas)
Cara Mengetahui Urutan Postingan di Search Engine

4. Anda dapat melihat beberapa pilihan di bagian kiri screen dan ikutilah perintah ini "Lalu lintas penulusuran > Kueri penulusran"
Cara Mengetahui Urutan Postingan di Search Engine

5. Turunkan scroll Anda sehingga melihat tampilah seperti berikut.

Cara Mengetahui Urutan Postingan di Search Engine

6. Di langkah ini saya akan menjelaskan beberapa kolom yang ada sesuai dengan pendapat saya:
- Kueri adalah Keyword atau kata kunci postingan
- Klik adalah Jumlah klik oleh netter ke postingan Anda yang berasal dari SE dengan Kueri yang ada
- Posisi rata-rata adalah urutan postingan kita di Search Engine (Google) ex: 2,0 (maksudnya kadang postingan kita berada pada urutan ke 2 atau biasanya 0 di search engine)

Anda dapat melihat kueri dari blog saya yaitu "pengeritan konflik" dengan posisi rata-rata "2, 0", Anda dapat membuktikannya sendiri dengan cara masukkan keyword "pengertian konflik" di search engine (google.com) dan lihat postingan siapa yang berada di urutan ke 2.

Cara Mengetahui Urutan Postingan di Search Engine

Mungkin hanya itu dulu yang dapat saya jelaskan tentang Cara Mengetahui Urutan Postingan di Search Engine. Kalau terbukti berhasil atau ada yang perlu ditanyakan silahkan berikan komentar di kolom komentar tentunya atau bisa langsung chat Facebook saya di http://goo.gl/S22PvP dan jangan lupa baca postingan lainnya.

3 Responses to "Cara Mengetahui Urutan Postingan di Search Engine"

  1. Terima kasih atas infonya, ini sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula dalam dunia blog.
    Numpang share
    http://himatep-unm.blogspot.com/2014/03/belajar-efektif.html

    ReplyDelete
  2. Infonya sangat menarik..
    Follback blog saya ya dotmuh.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. infonya sangat menarik dan bermanfaat gan

    ReplyDelete