Jenis-jenis Paragraf

Jenis-jenis Paragraf

Paragraf-paragraf yang membangun satu tulisan dilihat dari segi sifat dan wujudnya dibagia atas 1) paragraf pembuka, 2) paragraf penghubung, 3) paragraf penutup. Ketiga jenis paragraf tersebut akan dijelaskan secara singkat pada uraian berikut.
-Paragraf Pembuka
Paragraf-paragraf pembuka atau paragraf pendahuluan berfungsi sebagai pengantar atau pembuka tulisan untuk sampai kepada masalah yang akan diuraikan. Oleh sebab itu, paragraf pembuka harus dapat mengundang minta dan perhatian pembaca, serta sanggung menyiapkan pikiran pembaca menghadapi masalah yang akan diuraikan. Paragraf pembuka ini jangan terlalu panjang agar tidak membosankan.

-Paragraf Penghubung
Paragraf penghubung ialah semua paragraf yang terletak antara paragraf pembuka dan paragraf terakhir sekali (paragraf penutup). Masalah yang akan diuraikan terdapat dalam paragraf ini. Jadi, paragraf penghubung berisi pembahasan inti persoalan yang dikemukakan oleh si penulis. Oleh sebab itu, antara paragraf yang satu dan yang lain harus saling berhubungan secara logis.

-Paragraf Penutup

Paragraf penutup ialah paragraf yang terdapat pada akhir tulisan atau yang mengakhiri sebuah tulisan. Biasanya, paragraf penutup ini berisi kesimpulan dari semua pembahasan yang telah dipaparkan pada paragraf penghubung. Paragraf penutup ini dapat berisi penegasan kembali mengenai masalah-masalah yang dianggap penting dalam paragraf penghubung. Paragraf penutup yang berisi mengakhiri sebuah tulisan tidak boleh terlalu panjang, tetapi tidak berarti bahwa paragraf ini diusahakan dapat menimbulkan kesan yang dalam bagi pembaca. Isi paragraf penutup banyak ditentukan oleh sifat karangan. 

0 Response to "Jenis-jenis Paragraf "

Post a Comment