Klasifikasi Fakta

Klasifikasi Fakta

                Fakta atau lebih luas lagi konsep, tidak terbatas lagi jumlahnya. Akan tetapi sesuai dengan keperluan, fakta-fakta yang sangat banyak itu dapat dikelompok-kelompokkan sehingga menjadi sederhana, lebih mudah dipahami, dan lebih mudah diolah. Pengelompokan serupa itu disebut klasifikasi.
                Membuat klasifikasi mengenai sejumlah fakta, berarti memasukkan atau menempatkan fakta-fakta ke dalam suatu hubungan logis berdasarkan suatu sistem. Dengan klasifikasi fakta yang ditempatkan didalam suatu sistem kelas, sehingga dapat dikendali hubungan secara horizontal (hubungan kesamping) dan hubungan secara vertikal (hubungan ke atas dan ke bawah).
                Dari bagian diatas tampak hubungan dalam setiap kelompok. Hubungan kesamping misalnya P.Jawa dengan P.Sulawesi, hubungan kebawah misalnya P.Sulawesi terdiri dari Makassar, Bone, Luwu, Sinjai, dan seterusnya.
                Suatu klasifikasi akan berhenti, tidak dapat dilanjutkan lagi, jika sudah sampai pada individu yang tidak dapat merupakan spesi atau jenis, individu tidak dapat diklasifikasi lebih lanjut meskipun dapat dimasukkan ke dalam suatu spesi. Kita dapat mengatakan misalnya “Dani adalah manusia”, tetapi tidak “manusia adalah Dani” karena Dani adalah individu atau bersifat unik.
                Suatu kelas (kelompok) dalam sistem klasifikasi bukanlah sekedar merupakan jumlah individu anggota kelas tertentu yang merupakan kriterianya. Kita dapat menentukan kelas sesuatu bila mengetahui criteria tersebut.
                Misalnya ciri-ciri apa yang harus ada pada kelompok hewan agar dapat dimasukkan ke dalam kelompok/kelas mamalia? Adanya tulang belakang? Jadi, apakah burung dan reftia adalah mamalia? Hewan lainnya dapat disebut mamalia jika memiliki cirri-ciri khusus yang sesuai dengan cirri-ciri mamalia: berdarah panas, bernafas dengan paru-paru, dan melahirkan (mempunyai plasenta). Sama halnya dengan manusia bila memiliki ciri-ciri kemanusiaan, yaitu berakal budi.

                Suatu kelas ditandai oleh ciri-ciri tertentu yang dimiliki oleh setiap anggota kelas tanpa kecuali. Dengan kata lain, setiap anggota kelas harus memiliki semua cirri tersebut, sehingga dapat diberikan dari anggota kelas lainnya. 

0 Response to "Klasifikasi Fakta"

Post a Comment