Organ pada Tumbuhan

Organ pada Tumbuhan

Organ pokok pada tumbuhan tingkat tinggi adalah akar, batang, dan daun, sedangkan bunga, buah, dan biji merupakan organ reproduksi. 
A. Akar berfungis untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah dan mengalirkan ke bagian batang dan daun, untuk menambatkan tubuh tumbuhan pada tanah atau media lainnya agar dapat berdiri tegak, tempat menyimpan cadangan makanan, dan membantu pernapasan pada tumbuhan. Stuktur dalam akar adalah epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat. 
B. Batang berfungsi untuk menopang dedaunan yang menghasilkan makanan dan menghubungkannya dengan akar yang menyerap air dan unsur hara. Struktur bagian dalam batang terdiri aras epidermis, korteks, dan silinder pusat. Pada silinder pusat terdiri dua pembuluh, yaitu xilem dan floem. 
C. Daun berfungsi sebagai tempat fotosintesis, pernapasan (respirasi), dan transpirasi (penguapan air). Proses fotosintesis hanya terjadi pada daun yang mengandung klorofil. 
D. Bunga merupakan organ yang penting untuk perkembangbiakan tumbuhan. Bagian bunga terdiri atas perhiasan bunga dan alat kelamin. Perhiasan bunga terdiri atas dua bagian, yaitu mahkota bunga dan kelopak bunga. Alat kelamin bunga terdiri atas alat kelamin betina berupa putik dan alat kelamin jantan berupa benang sari. 
E. Setelah penyerbukan akan terjadi pembuahan. Dari pembuahan akan dihasilkan zigot yang menghasilkan buah dan biji. 
F. Buah dapat dibedakan menjadi buah sejati dan buah semu. Buat sejati berasal dari bakal buah, sedangkan buah semu berasal dari organ lain. 
G. Di dalam biji mengandung embrio yang merupakan calon individu baru. Bagian-bagian dari biji adalah kulit biji, endosperma, dan embrio. 

0 Response to "Organ pada Tumbuhan"

Post a Comment