Pancasila adalah Dasar Negara Kesatuan RI

Pancasila adalah Dasar Negara Kesatuan RI

                Sesuai dengan apa yang diinginkan dan ditentukan para pembentuk negara, tujuan dirumuskannya Pancasila ialah untuk menjadi Dasar Negara RI. Pancasila dalam kedudukannya sebagai Dasar Filsafat Negara RI, maka Pancasila merupakan dasar nilai dan norma untuk mengatur pemerintahan negara atau penyelenggaraan negara terutama peraturan perundang-undangan, sehingga Pancasila menjadi sumber dari segala sumber hukum di Indonesia, sumber kaidah hukum negara berserta seluruh unsur-unsurnya antara lain rakyat, wilayah, dan pemerintahan negara.
Pancasila Dasar Negara RI selalu meliputi suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar 1945, mewujudkan cita-cita hukum bagi hukum dasar negara baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan mengandung norma yang mengharuskan UUD mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara (termasuk para penyelenggara partai dan golongan fungsional) memegang teguh cita-cita moral. Pancasila Dasar Negara RI juga merupakan sumber semangat bagi UUD’45 bagi penyelenggara negara dan bagi para pelaksana pemerintahan (termasuk para penyelenggara partai dan golongan fungsional).

Dasar Yurdis dalam Pembukaan UUD’45, Tap.No.XX/MPRS/1966 (Tap.MPR No.V/MPR/1973 dan Tap.MPR No.IX/MPR/1978) menegaskan bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum atau sumber terbit hukum Indonesia yang pada hakekatnya merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia, kesadaran serta watak bangsa Indonesia. Cita-cita tersebut mengenai cita-cita kemerdekaan individu, kemerdekaan bangsa, perikemanusiaan, keadilan sosial, perdamaian; cita-cita politik mengenai sifat, bentuk dan tujuan negara; cita-cita moral mengenai kehidupan kemasyarakatan dan keagamaan sebagai pengejawantahan dari budi pekerti manusia. 

0 Response to "Pancasila adalah Dasar Negara Kesatuan RI"

Post a Comment