Pencernaan pada Manusia

Pencernaan pada Manusia


Manusia memerlukan makanan sebagai sumber energy dan untuk kelangsungan hidupnya. Dalam keadaan normal, manusia harus makan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak boleh kekurangan dan tidak boleh juga kelebihan. Bagaimanakah jika kita tidak makan seharian? Pastilah badan menjadi lemas dan tidak bertenaga.
Setiap orang mempunyai selera makan berbeda antara satu dengan yang lain. Akan tetapi, yang lebih penting adalah makanan yang dikomsumsi harus memenuhi berbagai persyaratan, antara lain bergizi dan higienis. Makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat makanan dengan jumlah dan kualitasnya sesuai kebutuhan tukebutuhan tubuh. Makan yang higienis adalah makanan yang terbebas dari bibit-bibit penyakit atau zat-zat yang membahayakan kesehatan tubuh.
Makanan yang kita makan tidak dapat langsung diserap secara sempurna oleh tubuh kita. Untuk dapat diserap secara sempurna oleh tubuh, makanan harus mengalami suatu proses yang disebit dengan pencernaan. Proses pencernaan bertujuan agar diperoleh sari-sari makanan yang mudah diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Proses pencernaan dapat berlangsung secara mekanik dan kimiawi. Proses pencernaan secara mekanik adalah proses pemecahan makanan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk diverna secara kimiawi. Proses pencernaan secara mekanik terjadi pada saat makanan dikunyah di dalam mulut. Proses pencernaan secara kimiawi adalah proses pencernaan yang memerlukan bantuan enzim pencernaan. Pada proses pencernaan tersebut, terjadi pertumbuhan zat makanan yangmenimbulkan zat baru. Hal ini berbeda dengan proses pencernaan secara mekanik yang prosesnya tidak menimbulkan perubahan zat. 

1 Response to "Pencernaan pada Manusia"