Pengertian Iman Kepada Qadha dan Qadar

Kata qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari bukan sesuatu yang asing. Secara bahasa, kata qadha berarti berarti keputusan atau ketetapan. Qadha secara istilah berarti keputusan atau ketetapan atas suatu rencana Allah swt. yang hendak dilaksanakan. Kata qadar secara bahasa berarti jangka atau ukuran. Qadar secara istilah mengandung pengertian pelaksanaan dari rencana Allah, baik yang berupa ukuran atas sesuatu atau pelaksanaan ketentuan Allah di dunia ini. Dengan pengertian di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa qadha adalah ketentuan Allah swt. atas segala sesuatu yang di dalamnya terdapat kehendak-Nya sedangkan qadar adalah perwujudan atas kehendak, ukuran, dan ketentuan Allah segala sesuatu. Kedua hal tersebut biasa kita kenal sebagai takdir.
Iman kepada qadha dan qadhar artinya membenarkan dalam hati tentang adanya qadha dan qadar Allah kemudian diikarkan dengan lisan dan dibuktikan dengan anggota badan. Mengimani qadha dan qadar merupakan bagian dari rukun iman sehingga haru kita yakini. Bukti adanya qadha dan qadar Allah sebagaimana banyak dijelaskan dalam ayat-ayat Al Qur'an dan hadis Rasulullah.

Macam-macam takdir Allah ada dua yaitu,
1. Takdir mubram  ialah takdir yang harus terjadi atau harus diterima oleh semua makhluk ALlah dan tidak dapat dielakkan lagi. Sperti: jenis kelamin, warna kulit, mati, kiamat, dan lain-lain.
2. Takdir muallaq ialah takdir yang dapat berubah sesuai dengan ikhtiar dan doa manusia, jika Allah menghendakinya. Seperti: kaya, miskin, sehat, sakit, sukses belajar, dan lain-lain.

Takdir mubram adalah takdir yang telah ditentukan Allah secara pasti dan mendasar bagi setiap makhluk. Dapat kita ketehaui bahwa penciptaan alam semesta ini beserta seluruh isinya, telah ditetapkan oleh Allah dan ukuran-ukuran tertentu. Penetapan ukuran-ukuran dan ketentuan ini didasarkan pada kehendak ALlah swt. Misalnya yang bertkaitan dengan jenis kelamin manusia, sifat air mengalir ke bawah planet yang beredar dalam orbitnya, dan berbagai ukuran serta sifat lainnya. Takdir jenis ini disebut sebagai takdir mubram.

0 Response to "Pengertian Iman Kepada Qadha dan Qadar"

Post a Comment