Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis


Tahap perubahan bentuk yang dialami oleh hewan sampai manjadi dewasa disebut metamorfosis. Misalnya, ulat mengalami perubahan bentuk manjadi kupu-kupu dan kecebong yang berubah menjadi katak dewasa. Berdasarkan perubahan tubuh hewan pada proses metamorfosis, metamorfosis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
a.       Metamorfosis Sempurna
Metamorfosis sempurna merupakan tahap perubahan bentuk hewan di mana tahap-tahap perubahan bentuk dengan jelas dapat dibedakan. Beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu, lalat, nyamuk, dan katak.
Contoh metamorfosis sempurna adalah pertumbuhan dan perkembangan seekor katak yang dimulai dari pembuahan sel telur oleh sperma kemudian membentuk zigot. Zigot membelah menjadi dua, dua menjadi empat, dan seterusnya. Pembelahan tersebut menghasilkan bentuk menyerupai buah murbei yang disebut fase morula. Fase tersebut berlanjut ke fase blastula, kemudian fase gastrula. Pada fase gastrula akan terbentuk embrio dengan organ-organ tubuhnya. Setelah lebih kurang dari enam hari, embrio akan menetas menjadi larva. Larva tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi berudu atau kecebong, kemudian menjadi katak muda, dan akhirnya menjadi katak dewasa.
Pada metamorfosis katak, pertumbuhan terjadi dengan bertambah besarnya ukuran tubuh. Perkembangan pada katak adalah proses perubahan bentuk dari telur menjadi katak dewasa. Katak dewasa tersebut akan melakukan perkawinan dan membentuk individu baru lagi.

b.      Metamorfosis Tidak Sempurna

Beda halnya dengan metamorfosis sempurna, pada metamorfosis tidak sempurna bentuk hewan pada saat menetas tidak jauh berbeda dengan saat dewasa. Beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah belalang, kutu, kecoak, dan lipas. Pada matamorfosis kutu, telur akan menetas menjadi kutu muda (nimfa). Bentuk kutu muda tidak jauh berbeda dengan kutu dewasa. Kutu muda sayapnya belum berkembang, sedangkan kutu dewasa memiliki sayap yang sudah berkembang sempurna dan mampu berkembang biak. 

5 Responses to "Pengertian Metamorfosis"

  1. Metamorfosis merupakan tahap bentuk yang dialami oleh hewan sampai dengan dewasa. Informasi yang membantu mengenai pengertian metamorfosis.

    ReplyDelete