Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan adalah proses perubahan tubuh makhluk hidup, baik tumbuhan, hewan, maupun manusia. Dalam proses tersebut terjadi pertambahan dan pembesaran sel-sel tumbuhan yang bersifat irreversible (tak terbalikkan kebentuk semula). Pertumbuhan makhluk hidup dapat diukur dari segi kuantitatif, seperti berat dan tinggi.
Pertumbuhan pada tumbuhan berbeda dengan pertumbuhan pada manusia dan hewan. Pada tumbuhan, pertumbuhannya tidak terbatas terhadap waktu dan umur dengan syarat semua kebutuhan untuk tumbuhan tercukupi, sedangkan manusia dan hewan memiliki masa pertumbuhan yang terbatas.

Perkembangan adalah perubahan bentuk makhluk hidup menuju fase kedewasaan. Proses tersebut ditandai dengan berfungsinya alat-alat reproduksi. Perkembangan dapat diukur dari segi kualitatif, seperti kemampuan untuk bereproduksi pada tumbuhan yang ditandai dengan mulai berbunga, berbuah, dan menghasilkan alat perkembangbiakan berupa biji. Pada manusia dan hewan, perkembangan ditandai dengan mulai matangnya sel-sel kelamin dan munculnya ciri-ciri kelamin sekunder.

0 Response to "Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan"

Post a Comment