Pengertian Protein

Protein

Protein adalah senyawa organik yang tersusun dari unsur karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Sebagian protein juga mengandung unsur sulfur. Molekul protein tersusun dari komponen dasar berupa asam amino yang saling berkaitan satu sama lain. 
Asam amino dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu asam amino esensial (asam amino yang tidak dapat disintesis oleh tubuh) dan asam amino nonesensial (asam amino yang dapat disintesis okeh tubuh). 
Protein berfungsi untuk pertumbuhan, pengganti sel-sel yang rusak, penghasil energi, serta berperan dalam reaksi-reaksi metabolisme (enzim dan hormon). Sumber protein dapat berupa protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan, antara kain daging, ikan, telur, susu, dan keju. Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, antara lain kacang-kacangan. 
Kekurangan protein akan menyebabkan kekurangan hormoni insulin, timbulnya penyakit kwashiorkor, dan peningkatan sekresi hormon katabolisme dari kelenjar korteks adrenal. Selain itu, kekurangan protein dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh terhadap penyakit. 

0 Response to "Pengertian Protein"

Post a Comment