Sistem Filsafat Bangsa Indonesia

Sistem Filsafat Bangsa Indonesia

Pancasila yang menjadi Dasar Negara Persatuan RI merupakan sistem filsafat bangsa Indonesia yang harus dibuktikan kebenarannya, sehingga apa yang kita pegang benar-benar sesuai dengan sifat atau kodrat manusia Indonesia yang muncul dari adat istiadat, tradisi, budaya, pustaka dan keagamaan bangsa Indonesia sendiri, bukan dari luar.
Pengertian Sistem ialah kebulatan atau keseluruhan yang bagian-bagiannya atau unsur-unsurnya saling berkaitan, saling berpengaruh, saling tergantun dan saling mengisi secara terpadu. Sistem dapat berujud kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan, saling berkerja sama untuk suatu tujuan tertentu dan merupakan keseluruhan yang utuh. Filsafat ialah ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakekat segala sesuatu yang ada atau suatu kegiatan budi manusia untuk mencari hakekat segara sesuatu, baik yang konkrit, yang abstrak maupun yang spiritual. Filsafat merupakan ilmu pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu sampai pada hakekatnya. Oleh karena itu, filsafat merupakan tingkat paling tinggi dari pikiran manusia, yaitu pikiran reflektif dengan metode kontemplasi dari proses dekutif yan gtujuannya memperolrh kebenaran hakiki.
Pancasila ialah hasil pemikiran manusia Indonesia untuk mencari kebenaran hingga mendekati kesungguhan yang digenggam seirama dengan ruang dan waktu. Hasil pemikiran manusia yang sistematik itu, kemudian dituangkan dalam rangkaian rumusan kalimat yang mengandung satu pemikiran yang bualat dan bermakna untuk dijadikan dasar, sandi, azas dan pedoman hidup serta kehidupan bersama dalam perumahan negara RI, yang diberi nama PANCASILA.

Pancasila yang terdiri dari lima sila, setiap silanya merupakan suatu asas sendiri, fungsi sendiri, namun secara keseluruhan merupakan kesatuan yang sistematis. 

0 Response to "Sistem Filsafat Bangsa Indonesia"

Post a Comment