Sistem Pencernaan pada Manusia


Sistem Pencernaan pada Manusia


1. Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, garam mineral, dan air merupakan zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh.
2. Karbohidrat berfungsi untuk menghasilkan energi; protein berfungsi untuk pertumbuhan sel dan menggantikan sel-sel yang rusak; lemak berfungsi sebagai sumber energi, pelindung organ tubuh, serta penghangat tubuh; vitamin berfungsi untuk memperlancar metabolisme sel-sel tubuh; garam mineral berfungsi untuk proses fisiologi tubuh; serta air berfungsi sebagai pelarut zat dan mempercepat reaksi, pengatur suhu tubuh, pembentuk cairan tubuh, dan pengangkut zat sisa.
3. Alat pencernaan pada manusia terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Kelenjar pencernaan manusia terdiri atas kelenjar ludah, lambung, hati, dan pankreas.
4. Hasil pencernaan pada sistem pencernaan manusia adalah glukosa dan asam amino yang akan diserap oleh pembuluh darah serta asam lemak dan gliserol yang akan diserap pembuluh limfa.
5. Gangguan pada sistem pencernaan manusia antara lain, xerostomia, ulkus, parotitis atau gondong, peritonitis, diare, usus buntu (apendisitis), konstipasi (sembelit), dan flatus.

0 Response to "Sistem Pencernaan pada Manusia"

Post a Comment