Menyimpulkan Isi Informasi Tuturan Langsung

Menyimpulkan Isi Informasi Tuturan Langsung

     Seringkah Anda mendengarkan iniformasi secara langsung? Dapatkah Anda menangkap informasi tersebut? Informasi secara langsung dapat Anda peroleh melalui pidato, ceramah, sambutan, siaran berita dari radio dan televisi, maupun sarana penyampai informasi lisan yang lain. Tujuan menyimak suatu informasi berita di radio atau televisi tentu saja untuk memahami atau menangkap isi berita yang diinformasikan. Semakin baik kemampuan dan keterampilan seseorangdalam menyimak, semakin mudah dan banyak pula ia dapat menangkap isi berita ia dengar.

     Informasi sangat penting bagi setiap orang. Melalui informasi tersebut, akan diperoleh berbagai pengetahuan, wawasan, dan tampak kreativitas. Informasi yang disampaikan orang harus dipahami isinya dan maknanya agar Anda tidak salah paham. Jadi, Anda harus belajar memahami informasi, terutama hal-hal terpenting dari informasi tersebut.

     Setelah mendengarkan informasi yang disampaikan, Anda hendaknya dapat menyimpulkan isi informasi tersebut. Langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut :
  1. Perhatikan pokok-pokok informasi yang disampaikan oleh pembicara. Pokok-pokok informasi dapat Anda tentukan dari unsur 5W + 1H dalam informasi yang Anda dengarkan tersebut.
  2. Buatlah kesimpulan yang berkaitan dengan pokok informasi tersebut.
“Informasi sangat penting bagi semua orang karena tanpa informasi
semua orang tidak akan mengetahui apa-apa”

0 Response to "Menyimpulkan Isi Informasi Tuturan Langsung"

Post a Comment