Sistem Operasi

     Sistem operasi merupakan kumpulan dari beberapa perintah atau program pengendalian komputer yang sudah dibuat oleh pabrik komputer dengan memerhatikan bentuk dan cara kerja dari hardware (perangkat keras) yang memiliki. Pegertian sistem operasi dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, yaitu sebagai berikut.
1. Pengguna
     Sistem merupakan alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Sistem ini dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan.
2. Sistem
     Sistem operasi sebagai alat yang dapat menpatkan sumber daya secara efisien (resource allocator). Sistem operasi merupakan pengatur sumber daya yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien serta eksekusi aplikasi dan operasi dari alat Input/Output. Sistem operasi merupakan bagian program yang berjalan setiap saat, yang disebut kernel.
3. Tujuan sistem
     Sistem operasi sebagai alat alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna.

     Sistem mempunyai tiga fungsi utama, yaitu manajemen proses, manajemen sumber daya, dana manajemen data.
A. Manajemen proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer. Proses adalah program yang sedang dijalankan.
B. Manajemen sumber daya alam berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya alam sistem komputer yang dilakukan oleh perangkat lunak sistem maupun perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan pada komputer. Pengertian dari sumber daya adalah komponen perangkat keras dalam komputer, seperti CPU, memori utama, dan peranti masukan/keluaran.
C. Manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran termasuka dalam hal pengalokasian dalam piranti penyimpanan sekunder maupun dalam memori utama.

     Sistem operasi juga mempunyai sarana untuk mengola keamanan. Ciri sistem operasi yang mempunyai fasilitas manajemen keamanan mengharuskan pemakai memasukan memasukan nama pemakai dan password (kata rahasia) sebelum mengakses komputer.
Bagian-bagian sistem operasi secara umum sebagai berikut:
1. Mekanisme boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memori.
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
3. Command interpreter atau shell, yaitu bertugas membaca input dari pengguna.
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal sekaligus untuk mengontrolnya.

Memilih sistem operasi sebaiknya memerhatikan beberapa hal berikut:
1. Mendukung terhadap semua program aplikasi (Support).
2. Kemampuan penyesuaian terhadap hardware atau pripheral baru (plug and play)
3. Mudah dalam instalasi.
4. Memiliki keamanan yang tinggi.
5. Menyediakan antarmuka yang mudah (convienent)

Sistem operasi-sistem operasi untama yang diguanakan komputer sistem umum termasuk PC (personal computer) menjadi tiga kelompok besar sebagai berikut.
1. Keluarga Microsoft Windows, antar lain Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows8, danWindows  7 yang dirilis pada tahun 2007).
2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem POSIX, SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin), dan GNU/Hurd.
3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Pada awal tahun 2007 diluncurkan versi 10.5 (leopard).

2 Responses to "Sistem Operasi"