Keanekaragaman Hayati di Indonesia

     Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di daerah tropis. Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara megabiodiversitas di dunia, karena memiliki keanekaragaman jenis hayati yang tinggi. Indonesia merupakan pusat keanekaragaman hayati yang kedua terbsear di dunia setelah berhasil.

     Hutan hujan tropis di Indonesia kaya akan flora dan fauna serta memiliki tingkat endemisme yang tinggi. Begitu pula dengan kekayaan terumbu karang di laut Indonesia yang merupakan pusat keanekaragaman yang tertinggi di dunia.

     Tingginya keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia disebabkan oleh beberaoa faktor antara lain.
1. Wilayah Indonesia terletak pada dua kawasan biogeografi, yaitu Oriental dan Australia, sehingga Indonesia memiliki sebagian kekayaan jenis makhluk hidup Asia dan Sebagian jenis hayati Australia sebagai modal keanekaragaman jenis yang dimiliki.
2. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memilki berbagai tipe potografi yang dapat berfungsi sebagai penghalang perpindahan anggota berbagai jenis makhluk hidup atau memiliki faktor alam yang khas, sehingga memungkinkan terbentuknya jenis baru dari modal jenis yang teah ada.
3.  Indoneisa terletak di daerah tropis yang merupakan salah satu sasaran imigrasi satwa dari belahan bumi utara serta belahan bumi selatan, sehingga Indonesia mendapat tembahan kekayaan jenis makhluk hidup dari perilaku migrasi.

1 Response to "Keanekaragaman Hayati di Indonesia"