Tokoh-Tokoh Tari Daerah dan Beberapa Karyanya

Sunday, September 1, 20131komentar

Tokoh-Tokoh Tari Daerah - Sejarah tari daerah manapun, jika tinjaunnya jauh ke belakang, akan mengalami kesulitan karena kurangnya dokumen tari. Dokumen Tari biasanya berupa gerak secara utuh, padahal zaman dahulu sangat sulit untuk mendokumentasikan gerak secara utuh.

Perkembangan tari daerah bisa dilihat dari hasil karya beberapa tokoh tari daerah berikut ini.
a. Bagong Kusudiarjo
Bangong Kusudiarjo adalah tokoh yang terkenal dengan penataan tari yang sangat bagus. karya-karya beliau, antar lain: Tari Batik, Tari Keris, dan Tari Reog
b. S. Maridi
S Maridi terkenal sebagai seniman tari yang karya-karyanya banyak menggunakan gerak tradisional. Beliau berasal dari Surakarta. Hasil karya-karyanya, antara lain: Tari Gambyong Pareanom, Tari Merak Subal, dan Tari Bondan Tani.
c.  R. L. Sasmita Mardono
Beliau berasal Yogyakarta. Seni tari yang beliau ciptakan merupakan hasil pengembangan tari-tari klasik gaya Yogyakarta. R. L. Sasmita Mardono adalah seniman yang mengembangkan Tari Merak gaya Yogyakarta. Karya-karya beliau, antar lain: Tari Golek Ayun-ayun, Tari Golek Kenya Tinembe, dan Beksan Menak Umarmoyo-Umarmadi.
d. I Wayan Dibia
Sesuai dengan namanya, I Wayan Dibia berasal dari Bali. Beliau adalah seniman yang banyak mengembangkan tari gaya Bali, karya beliau yang terkenal adalah Tari Jaran Teji.
e. Tjetje Sumantri
Beliau adalah seniman yang berasal dari Jawa Barat. Beliau termasuk salah seorang yang membakukan gerakan-gerakan tari Sunda. Karya-karya beliau, antara lain: Tari Sulintang, Tari Topeng Klana, dan Tari anjasmar

itulah beberapa Tokoh-Tokoh Tari Daerah dan Beberapa Karyanya.


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

January 8, 2014 at 10:43 PM

thanks ya infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

 
Member Of Komunitas Blogger Wajo
Copyright © 2013. The Divider - All Rights Reserved