Makna Ideologi Negara

Makna Ideologi Negara Sebagai suatu ideologi bangsa dan negara Indonsia, Pancasila pada hakikatnya bukan hanya merupakan salah satu hasil perenungan individu atau sekelompok orang tetapi Pancasila diangkat dari nilai-nilai adat-istiadat, nilai-nilai kebudayaan, dan nilai religius yang ada di dalam pandangan hidup negara, sehingga Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara serta ideologi bangsa. Negara Indonesia yang berasal dari pandangan hidup serta budaya bangsa sendiri dan suatu kelompok atau golongan tertentu, tetapi Pancasila bukan hanya memperjuangkan suatu kelompok melainkan digunakan untuk seluruh lapisan dan unsur-unsur bangsa Indonesia secara komprehensif.

- Pengertian Ideologi
     Ideologi berasal dari bahasa Yunani yaitu kata idea yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, dan cita-cita dan kata logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah ideologi berarti ilmu tentang pengertian dasar atau ide, cita-cita, pandangan, atau paham yang bersifat tetap yang harus dicapai.
Pendapat para tokoh tentang ideologi antara lain,

  • Nicollo Machiavelli, ideologi hakikatnya adalah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan, serta mempertahankan kekuasan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.
  • Antoine Destut Tracy, ideologi adalah ilmu mengenai gagasan atau ilmu tentang ide-ide. Ide yang sehat adalah yang sesuai dengan realita dan sejalan dengan akal budi bukan khayalan atau gagasan palsu.
  • Karl Marx, ideologi adalah kesadaran palsu, sebab ideologi merupakan hasil pemikiran tertentu yang diciptakan oleh para pemikir sesuai kepentingannya.
  • Louis Althusser, ideologi adalah pedoman hidup, sebab setiap orang membutuhkan pedoman hidup, baik sebagai individu maupun sebagai warga masyarakat.
  • A.S. Hornby, ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang dipeggang oleh seorang atau sekelompok orang.
  • Gunawan Setiardja, ideologi adalah seperangkat ide asasi tentang manusia dan seluruh realitas yang dijadikan pedoman dan cita-cita hidup.
  • Dr. Alfian, ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.
  • Encyclopedia Internasional, ideologi adalah sistem gagasan, keyakinan dan sikap yang mendasari cara hidup suatu kelompok, kelas, atau masyarakat tertentu.

    Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian ideologi secara luas adalah sebagai kelompok cita-cita, nilai-nilai dasar, dan keyakinan yang dijunjung tinggi sebagai pedoman normatif. Sedangkan ideologi dalam arti sempit adalah gagasan atau teori yang menyeluruh tentang makna hidup dan nilai-nilai yang menentukan dengan mutlak bagaimana manusia harus hidup dan bertindak.

0 Response to "Makna Ideologi Negara"

Post a Comment