Pengertian dan Pemanfaatan TOGA (Tanaman Obat Keluarga)

Pengertian dan Pemanfaatan TOGA (Tanaman Obat Keluarga)Pengertian TOGA : Tanaman obat keluarga disebut demikian karena Toga adalah singkatan dari tanaman obat yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Pemanfaatan TOGA : untuk memenuhi keperluan alam bagi kehidupan, termasuk keperluan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan secra tradisional (obat). Kenyataan menunjukkan bahwa obat yang berasal dari sumber bahan alami khususnya tanaman telah memperlihatkan peranannya dalam penyelanggaraan upaya-upaya kesehatan masyarakat. Pemanfaatan TOGA yang digunakan untuk pengobatan gangguan kesehatan keluarga menurut gejala umum adalah: Demam panas, Batuk, Sakit perut, dan Gatal-gatal.
     Jenis tanaman yang harus dibudidayakan untuk tanaman obat keluarga adalah jenis-jenis tanaman yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
a. Jenis tanaman yang lazim digunakan sebagai obat didaerah pemukiman.
b. Janis tanaman yang dapat tumbuh dan hidup dengan baik di daerah pemukiman baik dengan tabulapot (tanaman budi daya pot) atau tabulakar (tanaman budi daya pekarangan).
c. Jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain misalnya: buah-buahan dan bumbu masak (apotke hidup dan warung hidup).
d. Jenis tanaman yang hampir punah.
e. Jenis tanaman yang masih liar.
f. Jenis tanaman obat yang disebutkan dalam buku pemanfaatan tanaman adalah tanaman yang sudah lazim di tanam di pekarangan rumah atau tumbuh di daerah pemukiman.

4 Responses to "Pengertian dan Pemanfaatan TOGA (Tanaman Obat Keluarga)"

  1. kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    ReplyDelete
  2. Mantap artikelnya :)
    memang sudah banyak yang menerapkan pembudidayaan TOGA.....

    ReplyDelete
  3. Ada juga tanaman obat stevia. Belum tahu stevia ?. Silahkan kunjungi website kami. www.tanamanstevia.com

    ReplyDelete