Merangkum Informasi dari Sebuah Tabel atau Grafik

     Informasi dapat berupa indormasi verbal dan nonverbal. Pada artikel ini, Anda diajak membaca informasi nonverbal berupa tabel dan grafik. Tabel merupakan daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) fakta atau informasi yang biasanya hanya berupa nama dan bilangan yang tersusun secara bersistem urut ke bawah dalam jalur tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah dibaca. Cara penyajian datanya secara sistematis dalam kolom dan lajur, sesuai dengan klasifikasi masalah.

     Adapun grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaany yang dituliskan dengan garis atau gambar. Data dari tabel dibuat menjadi bentuk grafik sehingga terlihat jelas gambaran data tersebut. Ada tiga bentuk grafis yang biasa digunakan, yaitu grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran.

     Untuk menemukan informasi secara cepat dari suatu tabel atau grafik, teknik membaca yang tepat digunakan adalah membaca memindai. Melalui teknik membaca tersebut, Anda dapat menjelaskan isi tabel atau grafik, Anda harus mengalihkannya dalam bentuk uraian.

Langkah-langkah pengalihan isi informasi dari tabel atau grafik menjadi uraian sebagai berikut:
  1. Membaca secara keseluruhan.
  2. Membaca judul dan subjudul yang ada.
  3. Memerhatikan lambang-lambang yang digunakan.
  4. Membaca atau mengamati angka-angka yang ada.
  5. Menafsirkan hubungan makna antarbagian serta hubungan secara menyeluruh.
  6. Merangkum seluruh informasi dari tabel atau grafik yang telah dibaca ke dalam kalimat.

0 Response to "Merangkum Informasi dari Sebuah Tabel atau Grafik"

Post a Comment